Jumat, 06 Agustus 2010

ancol


Sejak awal berdirinya di tahun 1966, Ancol Taman Impian Ancol) sudah ditujukan sebagai sebuah kawasan wisata terpadu oleh Pemerintah Propinsi DKI Jakarta. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, Pemda DKI menunjuk PT Pembangunan Jaya sebagai Badan Pelaksana Pembangunan (BPP) Proyek Ancol yang dilakukan secara bertahap sesuai dengan peningkatan perekonomian nasional serta daya beli masyarakat.

Sejalan dengan peningkatan kinerja, pada tahun 1992 status Badan Pelaksana Pembangunan (BPP) Proyek Ancol diubah menjadi PT Pembangunan Jaya Ancol sesuai dengan akta perubahan No. 33 tanggal 10 Juli 1992, sehingga terjadi perubahan kepemilikan dan prosentase kepemilikan saham, yakni 20% dimiliki oleh PT Pembangunan Jaya dan 80% dimiliki oleh Pemda DKI Jakarta



Pada 2 Juli 2004, Ancol melakukan go public dan mengganti statusnya menjadi PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk. dengan status kepemilikan saham 72% oleh Pemda DKI Jakarta dan 18% oleh PT Pembangunan Jaya dan 10% oleh masyarakat. Langkah go public ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kinerja perusahaan serta menciptakan sebuah Good & Clean Governance. Kinerja dan citra yang positif ini akan memacu perusahaan untuk terus tumbuh dan berkembang secara sehat di masa depan.

PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk. juga melakukan upaya repositioning dengan diluncurkannya logo baru Ancol pada 10 Juli 2005. Perubahan tersebut tidak semata mengganti logo perusahaan, tetapi juga untuk memacu semangat dan budaya perusahaan secara keseluruhan.


   

Sejak awal berdirinya di tahun 1966, Ancol Taman Impian atau biasa disebut Ancol sudah ditujukan sebagai sebuah kawasan wisata terpadu oleh Pemerintah Propinsi DKI Jakarta. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, Pemda DKI menunjuk PT Pembangunan Jaya sebagai Badan Pelaksana Pembangunan (BPP) Proyek Ancol yang dilakukan secara bertahap sesuai dengan peningkatan perekonomian nasional serta daya beli masyarakat.

Sejalan dengan perkembangan perusahaan yang semakin meningkat di tahun 1992 status Badan Pelaksana Pembangunan (BPP) Proyek Ancol diubah menjadi PT Pembangunan Jaya Ancol sesuai dengan akta perubahan No. 33 tanggal 10 Juli 1992 sehingga terjadi perubahan kepemilikan dan prosentase kepemilikan saham, yakni 20% dimiliki oleh PT Pembangunan Jaya dan 80% dimiliki oleh Pemda DKI Jakarta.

Pada 2 Juli 2004 Ancol melakukan “go public” dan mengganti statusnya menjadi PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk., dengan kepemilikan saham 72% oleh Pemda DKI Jakarta dan 18% oleh PT Pembangunan Jaya dan 10% oleh masyarakat. Langkah “go public” ini dilakukan untuk lebih meningkatkan kinerja perusahaan, karena akan lebih terkontrol, terukur, efisien dan efektif dengan tingkat profesionalisme yang tinggi serta menciptakan sebuah Good & Clean Governance. Kinerja dan citra yang positif ini akan menjadikan perusahaan terus tumbuh dan berkembang secara sehat di masa depan.
PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk juga melakukan upaya repositioning dengan diluncurkannya logo Ancol yang baru pada 10 Juli 2005. Perubahan tersebut tidak semata mengganti logo perusahaan, tetapi juga untuk memacu semangat dan budaya perusahaan secara keseluruhan.

Visi
Menjadi perusahaan pengembang properti dengan kawasan wisata terpadu terbesar dan terbaik di Asia Tenggara yang memiliki jaringan sentra rekreasi terluas pada tahun 2015.

Misi
Sebagai komunitas pembaharuan kehidupan masyarakat yang menjadi kebanggaan bangsa. Senantiasa menciptakan lingkungan sosial yang lebih baik melalui sajian hiburan berkualitas yang berunsur seni, budaya dan pengetahuan, dalam rangka mewujudkan komunitas 'Life Re-Creation' yang menjadi kebanggaan bangsa.

 PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk ("Perseroan") memiliki budaya yang akan memberikan arahan bagi karyawan dalam bertindak dan berperilaku. Dengan adanya budaya perusahaan yang telah disusun sesuai dengan lingkup bisnis perusahaan, diharapkan Perseroan tidak hanya menjadi perusahaan yang beprestasi, namun juga menghormati etika bisnis dan sosial yang berlaku.

INTEGRITAS
Insan Ancol mampu melaksanakan tugas dengan benar dan hasil yang terpercaya. Berpegang teguh pada nilai-nilai dasar dan organisasi dalam aktivitas bisnis, yang digambarkan dengan kemantapan berbicara dan bertindak. Setia pada masing-masing profesi dalam setiap kondisi usaha untuk melindungi kepentingan perusahaan. Menghargai, menghormati serta menepati ucapan dan tindakan.

Acuan Perilaku:
  • Memegang teguh komitmen pada saat dihadapkan pada situasi sulit.
  • Mengucapkan apa yang dilakukan, melakukan apa yang diucapkan.
  • Bersikap jujur, adil dan terbuka secara bertanggung jawab.
  • Taat pada kode etik profesi, sikap madani serta menjunjung tinggi kehormatan dan martabat diri.
BELAJAR TERUS MENERUS
Insan Ancol memiliki semangat dan keingintahuan yang besar untuk terus belajar, dan senantiasa mencari beragam cara baru untuk menuntaskan aneka masalah. Semua itu mengarah pada tumbuhnya kepercayaan dalam diri bahwa hari ini harus lebih baik daripada kemarin, dan hari esok akan lebih baik daripada hari ini.
Acuan Perilaku:
  • Membuka diri dan pikiran (open mind) dalam menerima kritik, saran dan masukan dari pihak lain.
  • Selalu meningkatkan kompetensi sesuai dengan bidangnya masing-masing.
  • Mencari cara-cara baru yang lebih efektif dan efisien dalam pelaksanaan kerja sehari-hari.
  • Tidak "pelit" berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman dengan reka sejawat, atasan maupun bawahan.

TERPANGGIL

Insan Ancol berbekal motivasi kuat untuk menjalankan tugas-tugas serta bekerja dengan ikhlas, sepenuh hati dan senantiasa berusaha memberikan yang terbaik dari dirinya.
Acuan Perilaku:
  • Menyelesaikan tugas dengan tuntas dan hasil yang maksimal, semata-mata karena mencintai pekerjaannya.
  • Bekerja dengan segenap hati, tulus ikhlas dan rasa syukur dalam mengemban amanah yang diberikan.

BERPIKIR KREATIF

Insan Ancol menumbuhkan keberanian dalam diri untuk berpikir kreatif di luar kebiasaan. Ini ditempuh tidak hanya dengan mencari langkah baru yang lebih baik dalam bertindak, namun juga dengan menyediakan ruang seluas-luasnya untuk membangun ide-ide "gila" yang membuat Insan Ancol terpacu menjadi lebih baik.
Acuan Perilaku:
  • Berani mengemukakan ide-ide konstruktif dan pandangan yang berbeda tanpa takut menerima kritik.
  • Menerima dan terbuka terhadap ide-ide baru, mampu memberikan apresiasi dan menahan diri untuk tidak terburu-buru menghakimi.
  • Lugas dan fleksibel, ingin berubah menjadi lebih baik dan meninggalkan cara-cara lama yang dinilai tidak lagi efektif.

PEDULI SESAMA

Insan Ancol bekerja dengan hati, memperhatikan, serta peduli sesama dan sekitarnya. Berpikir positif dan bersikap terbuka, siap membantu dengan tulus ikhlas. Memperhatikan masalah yang timbul dengan sikap melayani yang kuat.
Acuan Perilaku:
  • Menjaga keharmonisan hubungan, menjaga kata dan perbuatan tanpa mengorbankan kejujuran dan profesionalisme.
  • Mendengarkan dengan segenap perhatian, berkata dengan kesungguhan, berbuat dengan kepedulian.
  • Memperlakukan rekan kerja, atasan dan bawahan sebagai manusia yang jujur, matang dan orang dewasa yang dapat dipercaya.

BERTANGGUNG JAWAB

Insan Ancol bertanggungjawab dalam menjalankan tugas sebagai amanah yang harus dilaksanakan dengan baik, tuntas dan benar sesuai atau bahkan melebihi bobot amanah yang diberikan.
Acuan Perilaku:
  • Menyikapi setiap tugas dan kewajiban sebagai amanah yang harus dilakukan secara serius dan sungguh-sungguh, apapun bentuknya dan besar kecilnya.
  • Bertanggung jawab penuh terhadap nilai baik-buruk hasil kerja (individu maupun kelompok), tanpa berdalih menutupi kekurangan ataupun mengakui hasil kerja orang lain sebagai miliknya.
  • Menuntaskan masalah, bukan sekedar mencari penyebabnya atau bahkan menutupinya.
  • Berani mengakui dan menerima segala konsekuensi dan dampak hasil kerja yang dihasilkan dengan penuh tanggung jawab.
  • Berusaha maksimal melindungi aset dan kepentingan perusahaan di setiap kesempatan.
 Menjadi Selalu Lebih Baik
  • Belajar Terus Menerus
  • peduli Dengan Yang Lain
  • Berpikir "Kreatif"
  • Terpanggil
  • Bertanggung Jawab
  • Intergritas



Komisaris Utama
1. Ir. Sarwo Handhayani, MSP Komisaris
2. Dr. Ir. H. Mara Oloan Siregar, MSi
3. Trisna Muliadi, MBA Komisaris Independent
4. Ir. Palgunadi Tatit Setyawan, Dipl. Ing.
5. Ir. H. KRMH. Daryanto Mangoenpratolo Yosodiningrat
 

Direktur Utama
1. Ir. Budi Karya Sumadi

Direktur
  2. Drs. S. Sudiro Pramono, MM
  3. Drs. WInarto
  4. Ir. Wishnu Subagio Yusuf

 » Back to Top

Usaha Pariwisata (Rekreasi dan Resor) Dikelola oleh anak perusahaannya terutama oleh PT Taman Impian Jaya Ancol (“TIJA”) yang meliputi pengelolaan kawasan pariwisata (rekreasi dan resor) dan kegiatan usaha penunjang: entertainment, konvensi dan wisata belanja. PJAA mengelola “area pariwisata terintegrasi” seluas 552 Ha, lokasi dekat pantai, terbaik di Jakarta dengan kemudahan akses melalui jalan tol, busway dan kereta api.
Pantai dan Taman
Taman dan pantai merupakan wahana hiburan yang menawarkan kesegaran suasana pantai bagi semua kalangan dan usia. Pantai dan Taman memiliki 5 pantai (Pantai Festival, Indah, Elok, Ria dan Carnival Beach Club) dan Danau Impian, sepanjang kurang lebih 5 km, dengan promenade sepanjang 4 km.
Dunia Fantasi
Dunia Fantasi yang dibuka untuk umum pada 29 Agustus 1986, dan popular dengan sebutan Dufan, merupakan theme park pertama yang dikembangkan oleh Ancol. Dufan merupakan pusat hiburan outdoor terbesar di Indonesia yang memanjakan pengunjung dengan Fantasi Keliling Dunia, melalui berbagai content wahana permainan berteknologi tinggi, yang terbagi dalam 8 kawasan, yaitu: Indonesia, Jakarta, Asia, Eropa, Amerika, Yunani, Hikayat dan Balada Kera. Perseroan juga menjadikan Dufan sebagai salah satu pusat edutainment yang ada di Ancol yakni dengan dibukanya Fisika Dunia Fantasi (Fidufa) dan Pentas Prestasi. Dufan telah memiliki sertifikat ISO 9001:2008 sejak 2009.
Atlantis Water Adventure
Atlantis Water Adventure (AWA) merupakan theme park kedua yang dikembangkan oleh Ancol dan berdiri diatas lahan seluas 5 hektar. AWA merupakan hasil revitalisasi Taman Rekreasi Air Gelanggang Renang Ancol yang akan memberi pengunjung petualangan wisata air dengan 8 kolam utama, yaitu: Poseidon, Antila, Plaza Atlas, Aquarius, Octopus, Atlantean, dan Kiddy Pool.
Gelanggang Samudra
Gelanggang Samudra Ancol ("Samudra") merupakan theme park ketiga yang dikembangkan oleh Anco. Samudra merupakan edutainment theme park bernuansa konservasi alam yang memberikan pengalaman kepada pengunjung untuk mengenal lebih dekat dan menyayangi aneka satwa, antara lain lumba-lumba, paus putih, anjing laut, dan lain-lain
Sea World
Sea World adalah underwater aquarium pertama dan satu-satunya di Indonesia, dengan area seluas 2 Ha (dikelola dengan format BOT).
Putri Duyung Cottages
Penginapan tepi pantai bergaya unik berbentuk cottages dengan 133 kamar ini memiliki berbagai fasilitas khusus, seperti : ruang serba guna, ruang rapat dan lokasi pesta pantai. Putri Duyung juga menawarkan fasilitas olahraga, seperti kolam renang, tenis meja, sepeda, lapangan tenis, serta lapanan voli pantai. Arsitektur artistik Putri Duyung Ancol kental dengan perpaduan gaya posmo dan romantisme Indonesia Timur, ditata selaras dengan lingkungan pantai untuk menciptakan suasana yang berselera dan eksotik.
Padang Golf Ancol
Padang Golf bernuansa pantai di tengah-tengah kawasan wisata yang memiliki 18 hole dengan desain lapangan unik. Lokasinya strategis dan mudah dicapai dari seluruh penjuru Jakarta.
Marina
Dermaga kapal pesiar (speed boat dan yacht) bergaya kosmopolitan yang pertama dan terlengkap di Indonesia, dirancang untuk tempat berlabuh kapal pesiar berbagai ukuran. Marina juga berfungsi sebagai pusat olahraga laut, ski air, wind surfing, diving, sailing, serta pelabuhan kapal pesiar untuk menuju Kepulauan Seribu. Marina dilengkapi dengan fasilitias dermaga, marine band, pompa bensin, dermaga bongkar muat, agen perjalanan wisata dan olahraga bahari.
Pasar Seni
Pasar Seni merupakan pusat kegiatan seni dan kerajinan yang memberikan inspirasi serta wawasan bagi penikmat dan kolektor seni. Pasar seni merupakan wujud nyata kepedulian Ancol atas kelangsungan hidup para seniman berbakat. Pasar Seni juga dilengkapi dengan Galeri Pameran (North Art Space/NAS), Toko Cinderamata, Plaza dan Panggung Pertunjukkan Seni.
Pulau Bidadari
Sebuah pulau untuk kalangan menengah di Kepulauan Seribu yang dapat ditempuh dalam waktu 20 menit dari Marina. Pulau Bidadari memiliki 49 cottages yang terdiri dari 23 unit tipe deluxe, 20 unit tipe family, 3 unit tipe family suite, dan 3 unit tipe suite serta memiliki sarana olahraga, 2 aula serba guna, restoran, bar dan toko cinderamata. Sebuah atraksi unik, yakni wahana berenang bersama dengan lumba-lumba (swimming with the dolphin), bisa dinikmati di Pulau Bidadari.
Ritel
Lebih dari 30 kios penjualan souvenir, makanan dan minuman
Hailai Executive Club
Hailai merupakan klub eksekutif bertaraf internasional yang dilengkapi dengan restoran yang menyediakan 3.000 kursi, sarana olahraga, dan hiburan. Hailai dikelola oleh PT Philindo Sporting Amusement and Tourism Corporation yang bekerja sama dengan PT Sarana Ria.
Kereta Gantung
Gondola (sky lift) merupakan kereta gantung yang menghubungkan tempat wisata satu dengan yang lainnya di kawasan Ancol yang terbentang sepanjang kurang lebih 2,4 km dari Pantai Festival hingga area parker AWA. Gondola Ancol memiliki 37 unit gondola dengan kapasitas enam orang per gondola dan tiga stasiun pemberhentian. Gondola Ancol merupakan unit usaha hasil kerjasama Ancol dengan PT Karsa Surya Indonesia (KSI).
Bowling
Fasilitas olahraga bowling bertaraf internasional dengan 60 lintasan Wisata Kuliner
Fasilitas resto dan cafe

Usaha Properti/ Real Estat
Meliputi pengembangan:
  • Hunian: kavling dan unit townhouse
  • Komersial: ruko/rukan, gedung kantor, service residence, penyewaan lahan.
Properti / Real Estat – Lokasi Strategis
Properti PJA memiliki lokasi strategis, akses langsung jalan tol, dekat dengan pusat perdagangan teramai di Jakarta dan terletak kurang dari 10 km dari Central Business District.
Nama Proyek
Capital Coast
Area komersial terintegrasi
Puri Jimbaran
Area perumahan bernuansa art deco
Townhouse Puri Marina
Townhouse bernuansa Mediterania
Carnaval Beach
Pusat hiburan dan olahraga maritim
Marina Coast Royal Residence
Perumahan thematik pantai
Puri Nusa Dua
Kawasan pemukiman exclusive
Pengembangan properti ke depan akan terfokus pada Marina Coast dan Carnaval Beach serta reklamasi untuk menambah landbank.

  • The Value Creator Award 2005 sebagai ‘The Best Companies Based on EVA concept with an asset of under 1 trillion rupiahs category’ oleh majalah SWA (2005).
  • KADIN Award 2005 dari KADIN DKI Jakarta sebagai perusahaan pariwisata penyumbang Pendapatan Asli Daerah Propinsi DKI Jakarta terbesar di bidang hiburan, yaitu sebesar Rp 62,88 miliar.
  • ISRA Award 2005 Laporan kegiatan CSR 2005 PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk meraih penghargaan “The Best Environment and Social Reports Award 2005.”
  • The Value Creator Award 2006 : PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk meraih predikat “The Public Companies 2006 based on EVA Concept” yang diluncurkan sejak 2003 oleh majalah SWA, MarkPlus & Co, dan MAKSI Universitas Indonesia.
  • Reforestation of Housing and Residential Environment Award
  • Greening of Gardens and Office Buildings Award 1993
  • Winner Leisure Category, FIABCI Prix D’Excellence 1994
  • Payer of Corporate Income Tax Awards 1993 – 1996
  • Certificate of Appreciation, Leisure Asia ’96 Tile Asia
  • Best Environmental Re-Greening and Environment Management Awards 1992 -1996
  • The Best Garden Cottage Award
  • Adikaryottama Wisata Tourism dari Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (1995-2001)
  • dhikarya Wisata Tourism dari Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (2001)
  • Dunia Fantasi memperoleh Sertifikat standar pelayanan mutu ISO9001:2000 dari L’oyd Quality Registered (2002).
  • Danamon Award 2006 : PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk masuk dalam tiga besar perusahaan yang telah melakukan program CSR. Penghargaan ini diberikan oleh Bank Danamon, bekerja sama dengan kelompok Tempo Inti Media.
  • KEHATI Award 2006 :Keberhasilan program Ancol Sayang Lingkungan (ASL) berhasil meraih penghargaan dari Yayasan Keanekaragaman Hayati (KEHATI). Program ASL, antara lain, berbentuk produksi pupuk kompos, kertas daur ulang, dan penghijauan lingkungan.
  • 200 Best Companies in Asia & Australia 2006 :PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk bersama empat perusahaan lain di Indonesia dengan penjualan di bawah USD 1 milyar, menjadi bagian dari “200 Perusahaan Terbaik Asia dan Australia” berdasarkan pemeringkatan oleh Majalah FORBES ASIA.
  • Indonesia Property Award 2006 :PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk mendapatkan penghargaan sebagai “Pengembang dengan Layanan Purna Jual Terbaik” yang diberikan oleh Majalah Property dan Bank.
  • BUMD & CEO BUMD Award 2006 :PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk ditetapkan sebagai “BUMD yang unggul di bidang pemasaran dan pariwisata” berdasarkan penilaian Leadership Inc., Stern Stewart & Co., dan Mark Plus & Co. Atas pencapaian ini, perusahaan mendapatkan penghargaan dari Majalah Business Review dan BKSBUMDSI (Badan Koordinasi Sekretariat BUMD Seluruh Indonesia). Masih dalam rangkaian penganugerahan ini, perusahaan juga mendapatkan penghargaan sebagai “Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan Terbaik 2006”.
  • Service for 2006". CGPI (Corporate Governance Perception Index) 2006 Awar II
  • Marketing Award 2007 kategori Building and Implementing Experiential Marketing & Customer experience strategy.
  • Experiential Marketing & Customer Experience Strategy’ Category Investor Award kategori Emiten Terbaik sektor Restoran, Hotel dan Pariwisata (2007)         sumber: http://www.ancol.com/infokorporat/tentangpja

Tidak ada komentar: